Part Honda Sonic CS1


Part Favorit Honda Sonic Untuk Honda CS1

Jakarta - Honda City Sport 1 (CS1) yang hanya ada di Indonesia, pakai basis mesin  sama dengan Honda Nova Sonic yang dikembangkan di Thailand. Kendati secara garis besar sama, ada beberapa perbedaan.

Perbedaan yang ada berpengaruh pada performa. Makanya ada beberapa spare-part Sonic jadi buruan pengguna CS1. Paling mendasar yang beda pada rasio kompresi. Sonic mencapai 11:1, sedang CS1 hanya 10,7:1.



Piston SOnic lebih jenong, rasio kompresi lebih tinggi (kiri). Klep miring, namun beda dibentuk dan kekuatan serta harga (kanan)

Perbedaan ini menjadikan power Sonic lebih tinggi. Tepatnya ayam jago Thailand mencapai 13,5 dk, sedang bebek super Indonesia cuma 12,8 dk. Konsekuensinya bensin yang wajib ditenggak Sonic minimal sekelas Pertamax.

Terletak di mana sih, perbedaan part-nya sehingga kompresi Sonic lebih tinggi? “Piston Sonic sedikit lebih jenong, makanya rasio kompresi lebih tinggi,” terang Getty, dari Probike, importir umum yang menjajakan Sonic.

Nah kalau pengguna CS1 mau aplikasi, sama sekali tak ada ubahan. Lantaran perbedaan memang hanya di bagian permukaan yang lebih jenong. Namun jangan kaget dengan harganya, mencapai Rp 150 ribu, jauh dibanding CS1 yang hanya Rp 50.500.

Part lain yang jadi favorit klep. Secara dimensi memang sama. Inlet 28 mm, exhaust 24 mm. Klep in sama persis, bentuk maupun kode di payung, sama-sama GH. Perbedaan mencolok di harga, Sonic Rp 75 ribu, sedang CS1 Rp 29.800.



Kampas rem lebih keras dan menggigit, mau?

Nah kalau klep exhaust banyak perbedaan, pertama kode punya Sonic pada payung GH, sedang CS1 WC. Tepatnya kode part Sonic 14721-KGH-900, sedang milik CS1 14721-KWC-900. Harganya juga terpaut sangat jauh, punya Sonic yang diproduksi di Thailand Rp 200 ribu, CS1 yang made in Indonesia Rp 56 ribu.

Perbedaan berikutnya pada batang klep dekat payung. “Milik Sonic rata, sedang CS1 ada yang mengecil,” terang Erwin Oei, suhu korek dari Rudi Jaya Motor (RJM) di kawasan Ciputat, Tangerang.

Jika diperhatikan, sebenarnya milik CS1 lebih bagus dalam hal aliran gas buang, karena halangannya lebih kecil. Namun menurut Akiang, sapaan Erwin kekuatan jadi sedikit kurang. “Terutama jika dipakai di balap,” paparnya.

Part Sonic lainnya yang jadi rekomendasi kampas rem. “Lebih keras dan menggigit, sehingga awet dan lebih pakem,” terang Ari, dari bengkel Ngayun Speed yang sering mengaplikasikannya.

 Namun jangan kaget soal harga, menurut Ari, bawaan CS1 hanya sekitar Rp 40 ribu, sedang Sonic di atas Rp 100 ribu. (motorplus.otomotifnet.com)




.

5 komentar:

  1. Cyser semarang Nyo28 Mei 2011, 02.07.00

    aman gak yah klo ganti piston?? nanti pistonnya bisa hantam seher gak ya??

    klo uda punya piston dan klep sonic buat pasngnya total butuh biaya kira2 berapa ya gan?? itu bener2 gak usa ada yg diubah lagi kan di silinder headnya?? mj pj nya haru ganti jugakah buat ngimbangi peningkatan kompresi yang terjadi???

    terima kasih kakak atas jawabannya,,

    BalasHapus
  2. silahkan bertanya pada ahlinya mas bro, untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan. terima kasih atas partisipasi anda.

    BalasHapus
  3. agan2 msh punya karbu ori cs1 gak....
    klo da info yah ....

    BalasHapus
  4. Klo pke klep cs1 buat d'pake d'sogun 125 prlu d'ptong dlu ap g usah

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...