SELF SERVICE GAS STATION IN INDONESIA

Baru online buka facebook pas ngecek profile ternyata saya mendapat kiriman link dari salah satu anggota HCSTI Chapter Tangerang. Yang menurut saya isi nya cukup membangkitkan gairah untuk searching informasi tersebut lebih jauh. Langsung saja saya buka website resmi pertamina, ternyata informasinya ada, yah tanpa pikir panjang lagi dengan di awali gerak cepat jari jari lentik ini mengeluarkan jurus copas deh. Hehehehe untuk saling membagikan informasi yang bersifat positif yah no problem menurut kamus hidup saya.

spbu self service pertama di indonesia

Padahal kalau mengingat artikel yang baru saya buat kemarin (flasher sein untuk led), ada baiknya di beri jeda dulu. Agar informasi tidak tumpang tindih alias overload. Langsung ke pokok artikel deh, SPBU (stasiun pengisian bahan bakar umum) self service alias melayani diri sendiri. Arti self service sendiri tidak pernah jauh hubungan nya dengan orang itu sendiri. Dalam arti luas kita melayani diri sendiri sesuai kebutuhan kita sendiri.

self service spbu
SPBU menjalankan perannya sebagai ujung tombak perjalanan ekonomi bangsa, bagaimana tidak? Indonesia yang memiliki 17.000 pulau lebih tersebar dari sabang sampai merauke dengan gugusan dan struktur pulau yang berbeda beda, Pertamina harus mampu mendistribusi kan BBM nya hingga ke pelosok negeri. Bahkan saya pun takkan sanggup melakukan tugas itu (ya iyalah) hehehehehe.

Visi dan misi pertamina
*Menjadi perusahaan Retail yang profesional, unggul dan mandiri.
*Mendukung usaha Pertamina dalam mempertahankan posisi Market Leader Usaha Retail di pasar domestik.
*Meningkatkan citra Pertamina melalui jaringan retail SPBU milik Pertamina.
*Menjadi kontributor perolehan laba PT Pertamina (Persero).
*Mengembangkan usaha retail SPBU dipasar domestik dengan optimalisasi jaringan retail.

Jadi ngelantur ke pertamina sih gan?  Sekilas agar kita mengerti dengan tugas dan tanggung jawab pertamina agar kelak pertamina dapat menjadi salah satu perusahaan besar penghasil minyak bumi di dunia.  Go pertamina, go...

Berikut copas artikel tentang SPBU self service dari sumber web pertamina


Upaya memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. 
Tahap uji coba, konsumen didampingi operator.

spbu pertamina self service (sumber kaskus)
 
BEKASI - Berbagai terobosan dan inisiatif dilakukan Pertamina sebagai wujud tata nilai 6C guna memberikan layanan terbaik bagi pelanggan (costumer focused). Salah satunya mengoperasikan SPBU Self Service , yakni SPBU yang memberikan kesempatan kepada konsumen untuk mengisi sendiri bahan bakar di tangki sepeda motor maupun mobil roda empat.

Uji coba pelayanan SPBU secara mandiri ini dilakukan di SPBU COCO, kawasan Azalea, Taman Lembah Hijau Lippo Cikarang, Senin (9/5), dihadiri Direktur Pemasaran dan Niaga PT. Pertamina (Persero) Djaelani Sutomo, VP Fuel Retail Marketing B. Trikora Putra, Presdir PT. Pertamina Retail Giri Susanto, dan GM Fuel Retail Marketing Region III Hasto Wibowo.

spbu coco lembah hijau azalea
Dalam kesempatan ini Djaelani menilai inovasi yang dilakukan di SPBU Self Service Taman Lembah Hijau bisa ditularkan ke SPBU lainnya, guna mengedukasi masyarakat mandiri bertransaksi.

Sementara itu, untuk mengatasi kendala di lapangan pada tahap uji coba para konsumen masih didampingi operator. " Pada proses awal ada keterlambatan saat masyarakat mengisi bahan bakar sendiri, karena itu kita siapkan operator untuk mendampingi. Jika sudah terbiasa justru layanan ini akan mempercepat transaksi,"jelas B. Trikora Putra.

Prosedur pengisian menjadi lebih ringkas. Dimana konsumen langsung menuju loket kasir membayar sejumlah uang untuk bahan bakar yang diperlukan. Selanjutnya konsumen mengisi sendiri bahan bakar sesuai dengan jenis dan jumlah yang dibelinya.

Pada tahap awal transaksi masih menggunakan sistem pembayaran cash. Namun dalam perkembangannya nanti transaksi akan dipermudah dengan kartu RFId (Radio Frequency Identification), bahkan dengan kartu kredit bekerja sama dengan operator kartu.

Uji coba ini tentu saja mendapat sambutan positif dari masyarakat. Beberapa pengendara motor dengan antusias mengisi sendiri bahan bakar yang dibelinya. "Lebih praktis dan mendidik konsumen mandiri. Saya kemarin masih lambat, tapi sekarang sudah lancar,"kata Agus karyawan perusahaan di kawasan industri Cikarang yang sudah dua kali melakukan transaksi di SPBU mandiri.


gas stasion self service in indonesia
Nuansa baru inipun mendapat sambutan positif dari pengelola Lippo Cikarang. "Kami bangga SPBU di wilayah kami dijadikan sebagai uji coba. Setidaknya hal ini menjadi sarana edukasi sekaligus mengubah habit masyarakat. Cepat lambatnya pelayanan tergantung konsumen, dan pada saatnya nanti akan membentuk masyarakat yang disiplin,"kata Thomas A. Ndoen, Municipals Affairs Departement Head Lippo Cikarang.

Menurut Presdir PT Pertamina Retail Giri Santoso, uji coba SPBU Self Service ini akan dievaluasi selama 2 minggu. Jika berhasil akan diterapkan di sejumlah SPBU di Jakarta yang memiliki karakter hampir sama, yakni di wilayah perumahan atau SPBU yang tidak terlalu padat pengunjungnya. "Selain Jakarta kami juga akan ujicobakan di Bandung dan Tangerang,"kata Giri optimis.




Hendra Wibowo
TNG 015

Baca juga : Tips hemat BBM

2 komentar:

  1. Mantap gan. Sundul terus infonya.

    BalasHapus
  2. Kami adalah organisasi hukum yang dibuat untuk membantu Orang yang membutuhkan bantuan, seperti bantuan keuangan.

    Jadi jika Anda atau Anda berada dalam kesulitan keuangan dalam gejolak keuangan, dan Anda perlu uang untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang Anda atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang baik, atau telah meminjam lebih banyak Masalah dari lokal bank, hubungi kami hari ini melalui Email: di catherinewilliamloancompany@gmail.com

    Email: catherinewilliamloancompany@gmail.com


    Aplikasi pinjaman meliputi:

      Nama: _________
      Alamat: _________
      Negara: _________
      Okupasi: _________
      Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: __________
      Tujuan Pinjaman _________
      jangka waktu kredit__
      Penghasilan bulanan: _________
    Telepon: _________

    Silakan hubungi kami melalui e-mail

    Email kami: catherinewilliamloancompany@gmail.com

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...